Stoke (ANTARA News) - Manajer Tottenham Hotspur, Harry Redknapp, meyakini kalau kemampuan timnya untuk bersaing merebut gelar juara Liga Utama Inggris untuk pertama kalinya, tidak terbantu atau terhambat oleh masuknya Manchester United dan Manchester City di Liga Eropa.

Sudah lama Redknapp menyuarakan rasa frustrasinya, mengenai pertandingan pada malam Kamis di Liga Eropa, kemudian bermain pada pertandingan domestik pada Minggu.

Kini, di saat Spurs kemungkinan besar akan terdepak dari Liga Eropa - di saat yang bersamaan kedua klub Manchester tersebut mengikuti Liga Eropa setelah mengakhiri fase grup Liga Champions dengan menduduki peringkat ketiga - ia hampir tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya.

Tetapi ia meyakini kalau hal tersebut hanya akan sedikit berpengaruh, dalam upaya City menyalip kedua klub tersebut dan memuncaki klasemen liga pada Mei.

"Saya akan berpikir kalau mereka akan melewati tim di sekitarnya," tutur Redknapp. "Saya yakin Manchester United akan melakukannya. Mereka memiliki tim yang kuat. Mereka akan berada di sana pada akhir tahun, kedua tim tersebut."

"Keduanya kembali memiliki pertandingan penting pada pekan ini, dan prioritas mereka sekarang adalah memenangi liga, mereka berdua."

"Itulah yang paling utama dalam agenda saat ini. Sejauh ini, itulah kompetisi paling penting bagi mereka. Saya yakin mereka akan fokus pada bagaimana melakukannya, dan mereka berdua sama-sama kuat."

"Manchester United sempat terpuruk sebelumnya, dan kini kembali kuat. Saya yakin mereka akan melakukannya lagi. Saya tidak akan menyingkirkan mereka berdua (dari daftar kandidat juara liga). Mereka berdua akan berada di sana pada akhir musim."

Spurs akan menghadapi Stoke pada Minggu. Pada pertandingan tersebut, Spurs memiliki peluang untuk memperpanjang rekor tidak terkalahkan mereka menjadi 12 pertandingan di liga, dan pencapaian itu merupakan rekor baru bagi klub.

Redknapp menambahkan, "Langkah itu bergantung pada pemain-pemain bagus dan percaya diri, bermain bagus, dengan kepercayaan diri. Kami memiliki sedikit keyakinan, dan keyakinan bahwa kami mampu memenangi pertandingan merupakan kuncinya."

"Semua pertandingan sulit di liga ini. Mereka selalu memainkan pertandingan berat, tim-tim itu tidak berada di papan atas, tetapi anda tidak pergi ke tempat mereka dan melakukan pertandingan mudah."

"Dan Stoke tidak akan berbeda. Kami tahu apa yang kami inginkan pada Minggu, dan kami harus berurusan dengan hal itu, dengan apa yang mereka lemparkan padamu."

Gareth Bale diragukan dapat bermain karena masih dibekap cedera lutut, sementara Jermain Defoe masih berjuang dengan masalah otot hamstring yang tertarik. Ledley King juga akan absen setelah cedera pada sesi latihan pekan lalu.

Manajer Stoke, Tony Pulis, bergantung pada mantan anak asuh Redknapp, di mana Peter Crouch, Wilson Palacios, Matthew Etherington, dan Jonathan Woodgate berada dalam timnya.

Crouch (30) memiliki misi pribadi untuk membuktikan bahwa Redknapp keliru telah menjualnya pada musim panas.

Mantan penyerang Liverpool ini telah mencetak lima gol pada musim ini, dan masih mengincar satu posisi di Timnas Inggris, untuk bertanding di Euro 2012.

Tetapi Pulis telah mengatakan pada Crouch, yang sudah tidak tampil untuk Inggris sejak pertandingan persahabatan melawan Prancis November silam, untuk tidak membuang mimpinya.

Ia berkata, "Peter adalah pemain brilian. Jika anda melihat statistiknya, itu amat fantastis. Larinya, sentuhan yang ia lakukan, lamanya ia menguasai bola. Ia sungguh luar biasa."

"Saya tidak mengatakan pada Fabio Capello siapa yang harus dipilih, dan ia pun mengenal Peter. Mereka telah bertemu dalam beberapa kesempatan di Timnas Inggris."

"Jika Peter mencetak banyak gol, di antara sekarang sampai akhir musim, apapun dapat terjadi."