Kapten klub Barcelona Spanyol Carles Puyol mengangkat tropi diatas podium setelah klubnya menjuarai Piala Dunia Antar Klub dan mengalahkan Santos dari Brasil dalam pertandingan di Yokohama, Tokyo selatan, Minggu (18/12). (FOTO ANTARA/REUTERS/Yuriko Nakao)
Berita Terkait
Video
Yokohama (ANTARA News) - Pelatih Barcelona, Pep Guardiola, telah membayangkan perburuan gelar liga domestik dengan Real Madrid, serta kejayaan di Eropa, setelah perjalanannya ke Jepang yang berakhir dengan mahkota juara dunia.

Guardiola (40) mengunci gelar ke-13-nya dalam tiga setengah tahun karirnya yang bersinar di Barca, ketika klub Katalan tersebut menundukkan juara Amerika Selatan, Santos, dengan kemenangan 4-0. Pada laga tersebut, Lionel Messi menyumbangkan dua gol berkelas.

Ini merupakan landasan yang sempurna untuk 2012, kata Guardiola, setelah pada akhir pekan, Real memimpin tiga poin atas Barcelona di puncak klasemen liga dengan kemenangan 6-2 atas Sevilla.

Berstatus juara Eropa, Barcelona tiba di Jepang pada akhir pekan lalu, setelah penampilan impresif dengan mengalahkan Real 1-3 di Santiago Bernabeu. Kemenangan yang membuat Barcelona berhak memimpin klasemen.

"Akan mengagetkan bagi saya jika tim ini menyerah," kata Guardiola mengenai pasukannya, sekaligus memberi sugesti bahwa raihan kesuksesan tidak membuat timnya kehilangan motivasi juara.

Timnya berjuang untuk `tetap maju,` ia berkata, "Bagi kami, target kami adalah memainkan sepak bola hebat untuk para peninton, bertarung untuk (gelar juara) liga Spanyol, dan berkeliling Eropa untuk memperlihatkan level kami pada masyarakat."

"Sukses ini semuanya mengenai pemain-pemain hebat dan usaha mereka," tegasnya.

Tetapi Guardiola mengakui kalau kesuksesan timnya di Piala Dunia Klub berharga cukup mahal, setelah penyerang David Villa, yang dikabarkan akan pergi dari Nou Camp karena cederanya, mendapat cedera tulang kering pada laga semifinal melawan Al Sadd.

Ia kemungkinan besar harus beristirahat sampai lima bulan. Dengan demikian Villa akan kehilangan banyak, jika bukan semua, pertandingan-pertandingan yang tersisa musim ini.

Guardiola menyatakan setelah Villa cedera, bahwa `tidak etis` untuk berbicara mengenai kemungkinan Barcelona membeli pengganti sang penyerang pada bursa transfer musim dingin.

"Cederanya adalah hal paling tidak menguntungkan dari turnamen ini, tetapi saya yakin ia akan segera kembali ke tim," kata Guardiola pada Minggu.

Juara Amerika Selatan, Santos, kalah kualitas dari pasukan Guardiola.

Saat turun minum, mereka sudah tertinggal 0-3 setelah Messi, Xavi, dan Cesc Fabregas menyumbang gol. Meskipun mereka berupaya keras menampilkan permainan bersemangat pada babak kedua, hal tersebut tidak mampu menutupi kekurangan mereka, terutama di lini belakang.

Turnamen tahunan antar benua ini dianggap sangat penting di Amerika Selatan, sehingga pelatih Muricy Ramalho akan menghadapi banyak kritik ketika Santos sampai di Brazil. Tetapi ia menegaskan bahwa kekalahan besar dari Barcelona bukanlah aib.

"Barcelona telah bermain dengan berbagai tim di seluruh dunia, dan tidak satupun yang mampu mengalahkan mereka. Pada akhirnya beberapa tim mungkin saja (mengalahkan Barcelona), tetapi saya tidak berpikir kalau hal itu mungkin terjadi sekarang," ucapnya.

"Ini bukan hal yang memalukan, dan ini juga bukan pukulan bagi kami. Kami perlu bersikap rendah hati - kami dikalahkan tim terbaik di dunia," tuturnya, sambil menambahkan kalau Messi adalah pemain terbaik saat ini, tapi pada suatu hari Neymar akan mengambil gelar tersebut.

Neymar (19), yang telah dihubung-hubungkan dengan banyak klub raksasa Eropa termasuk Barca, memiliki berbagai kesan dari turnamen ini.

Pele pernah mengatakan kalau kompatriotnya ini lebih baik dari Messi, tetapi penyerang mungil asal Argentina tersebut mencuri perhatian dan kemenangan di final dengan dua golnya, sementara Neymar membuang dua kesempatan pada malam yang ingin ia lupakan.

Perebutan tempat ketiga mempertemukan wakil Qatar, Al Sadd, dengan juara Jepang Kashiwa Reysol. Secara tidak resmi, kedua klub tersebut memperebutkan gelar klub terbaik Asia.

Al Sadd, yang dilatih pelatih Uruguay, Jorge Fossati, menjuarai Liga Champions Asia pada November, ketika mereka mengalahkan tim unggulan asal Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors melalui adu penalti.

Pada pertandingan Minggu, Al Sadd menang 5-3 melalui adu penalti, setelah bermain imbang 0-0.

Tim Meksiko, Monterrey, menduduki peringkat kelima, setelah mengalahkan juara Afrika, Esperance. Sementara Auckland City pulang dengan tangan hampa, demikian AFP melaporkan.