London (ANTARA News) - Manchester City mempertahankan selisih dua poin di puncak klasemen sementara Liga Utama Inggris, setelah menang 3-0 di Stoke sedangkan saingan berat mereka Manchester United tetap mengancam setelah menghancurkan Fulham 5-0, Rabu.

City memastikan memimpin klasemen hingga Natal ini, untuk pertama kalinya sejak 1929, setelah meraih tiga poin lewat gol kemenangan yang diciptakan Sergio masing-masing pada babak pertama dan kedua serta tambahan dari tembakan jarak jauh yang dilayangkan Adam Johnson.

"Kami gembira tapi seperti saya katakan tiga hari lalu amat penting untuk berada di atas pada akhir musim ini," kata pelatih City Roberto Mancini.

"Bagi pendukung kami, saya kira ini merupakan hadiah Natal yang bagus. Bila kami menginginkan kemenangan, kami harus memenanginya 90 persen, karena Manchester United terus menang," katanya.

Manchester United menikmati hal rutin yang sama ketika bertanding di Craven Cottage sehingga mereka tetap berada di urutan kedua.

Danny Welbeck membuat United memimpin pada menit kelima setelah mendapat umpan panjang dari Nani yang menusuk daerah berbahaya lawan di rusuk kanan.

Nani menggandakan gol timnya pada menit ke-28 sebelum Ryan Giggs mencetak gol ke-19.999 dalam kompetisi Liga Utama Inggris, sehingga angka menjadi 3-0 sebelum turun minum.

Gebrakan Wayne Rooney membuat angka berubah menjadi 4-0 sebelum Dimitar Berbatov mengubah angka menjadi 5-0 dengan mengocek bola menggunakan tumitnya.

Sir Alex Ferguson melukiskan kemenangan United sebagai "salah satu penampil terbaik musim ini."

"Tidak mudah melakukan itu, tetapi malam ini semua pemain melakukan dengan baik," kata Fergusson.

Sedangkan Arsenal poinnya menjadi selevel dengan tim urutan keempat Chelsea setelah menang 2-1 atas Aston Villa.

Kapten Arsenal Robin van Persie membuat tim "Gunners" itu memimpin lewat titip penalti pada menit ke-17, setelah Ciaran Clark menjatuhkan Theo Walcott.

Tetapi Villa bangkit kembali dengan sigap pada babak kedua dan gebrakan Marc Albrighton pada menit ke-54 -- merupakan gol ke-20.000 dalam sejarah Liga Utama Inggris -- membuat tim asuhan Alex McLeish itu kembali imbang dengan lawannya.

Ketika pertandingan kelihatan sudah akan berakhir imbang, Yossi Benayoun menjebol gawang dari sudut sulit pada menit ke-87, sehingga tim London itu meraih kemenangan kedelapan dalam 10 laga terakhir mereka.

Di Stadion DW, Liverpool memperagakan permainan hebat dimotori striker Luis Suarez, tetapi tim Merseyside itu merasa frustrasi karena hasil akhir tetapi 0-0 lawan Wigan.

Suarez, dilarang tampil dalam delapan pertandingan karena dinyatakan bersalah melancarkan ejekan rasial atas pemain Manchester United, Patrice Evra, turun membantu Liverpool tetapi ia tidak sanggup memecah jalan buntu dalam pertandingan itu.

Penjaga gawang Wigan, Ali Al-Habsi, menjadi pahlawan bagi tim Latics itu, ketika menjinakkan tendangan Charlie Adam dari titik bebas sehingga tim asuhan Roberto Martinez itu mendapat satu angka.