Fabio Capello (FOTO.ANTARA/REUTERS/ Eddie Keogh)
 Saya sudah berbicara dengan Platini dan saya yakin di masa depat klub kaya dilarang mencuri pemain ketika mereka masih amat muda,"
Berita Terkait
Paris (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Inggris Fabio Capello mengatakan, UEFA harus beraksi menghentikan perburuan klub Eropa terhadap para pemain muda dari tim lain. Dia menginginkan kepala badan sepak bola Eropa Michel Platini membendung hal itu.

Capello menyatakan ia amat prihatin dengan beberapa tim kaya yang "mencuri" para pemain muda untuk dimasukkan dalam akademi mereka, setelah klub asal para pemain muda itu melakukan investasi besar dalam melatih mereka.

"Banyak pemain muda yang dibeli klub kaya, karena orangtua para pemain itu merasa bila tim asing dan kaya membeli putera mereka maka mereka akan mendapat lebih banyak dukungan dana. Mereka akan menetap di luar negeri dan mengubah kebiasaan hidup mereka," katanya.

"Harus ada garis pembatas dan diperlukan aturan, karena klub kaya mencari pemain muda di seluruh dunia dan membawa mereka ke markas mereka," kata Capello.

"Saya kira UEFA harus membuat aturan baru agar ada penghargaan pada klub-klub yang sudah membesarkan mereka dan agar para pemain muda berbakat itu tidak seenaknya menerima tawaran klub besar," katanya.

"Saya sudah berbicara dengan Platini dan saya yakin di masa depat klub kaya dilarang mencuri pemain ketika mereka masih amat muda," kata Capello, yang menghadiri Konferensi Sport Internasional di Dubai, seperti dilansir dalam laman thenational.ae.

Ketika Inggris kalah di Piala Dunia atas Jerman tahun lalu, tim Jerman berisi para pemain dari berbagai negara termasuk pemain bintang Mesut Ozil - kelahiran Turki - serta striker Miroslav Klose dan Lukas Podolski, yang seharusnya bermain untuk Polandia.

Baik Turki mau pun Polandia, yang menurunkan para pemain potensial itu, tidak lolos ke Piala Dunia.