Madrid (ANTARA News) - Pemain penyerang Barcelona, David Villa, yang Senin lalu menjalani operasi pada tulang kering (tibia) kaki kirinya karena patah, pulang dari rumah sakit pada Sabtu, klubnya mengkonfirmasi dalam  pernyataan.

Pemain berusia 30 tahun tersebut akan dapat menghabiskan perayaan Hari Natal di rumahnya bersama dengan keluarganya, setelah dia mengalami cedera itu saat Barcelona menang 4-0 atas klub Qatar Al Sadd dalam laga semi final Piala Dunia Klub di Jepang pada 15 Desember lalu.

Villa diperkirakan akan absen bermain selama empat hingga lima bulan, sehingga meninggalkan peluangnya untuk bisa memperkuat lagi Barcelona pada musim ini, atau beraksi bagi timnas Spanyol pada ajang Euro 2012, yang sungguh-sungguh diragukan.

"Tujuan saya adalah bermain di final Liga Champions di Munich dan pada Euro 2012. Saya ingin bekerja keras untuk membuatnya berhasil," ujarnya di akun Twitter-nya setelah dia cedera, dengan menunjukkan keinginan kuatnya agar bisa secepatnya pulih.

Setelah operasi itu, dokternya, Ramon Cugat, mengakui bahwa Villa harus berpacu dengan waktu untuk bisa pulih sepenuhnya tetapi mengatakan, "kemungkinan selalu ada karena dia juga begitu berharap cepat sembuh dan yang terpenting adalah kondisi dirinya."

Selain tidak diperkuat Villa, Barcelona juga harus bermain tanpa kehadiran Andres Iniesta selama beberapa pekan mendatang setelah dia menderita cedera otot-kaki saat menang 9-0 di ajang Copa del Rey melawan klub Hospitalet, Kamis lalu.

Namun, pertandingan mendatang Barcelona tidak akan dimainkan hingga 4 Januari mendatang, saat Osasuna berkunjung ke kandang Barca, Camp Nou, pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey.
(A016)