Biak (ANTARA News) - Mantan pemain Persipura Jayapura era 1970-an Yohanes Mandosir memuji sikap Rahmad Darmawan (RD) yang mundur sebagai pelatih tim nasional U-23 setelah gagal merebut emas di SEA Games 2011.

"Sikap yang diambil mantan pelatih Persipura dan Sriwijaya FC itu sebuah pilihan yang harus dihormati siapa pun," kata Yohanes.

Dia mengatakan, kinerja Rahmad selama menangani klub profesional Indonesia seperti Persipura dan Sriwijaya FC cukup fenomenal sehingga banyak pemain yang dididiknya menjadi pemain berbakat di klub dan membela Merah Putih di ajang internasional.

Sejumlah anak Papua yang pernah ditanganinya menjadi pemain terkenal, di antaranya Patrick Wainggai, Oktovianus Maniani, Christian Worobay, Titus Bonay, Boaz Solossa, dan Stevia Bonsapia.

"Saya menilai buntut pengunduran diri RD karena kecewa dengan kondisi persepakbolaan di Indonesia, ya sebagai seorang pelatih profesional harus punya prinsip dan sikap dalam menyikapi kenyataan," tambahnya.

Dia berharap pemilik klub suara sah dan anggota PSSI segera menggelar kongres luar biasa sehingga mengatasi berbagai perbedaan dan statuta organisasi.(*)