Rembang (ANTARA News) - PSIR Rembang, Jawa Tengah, akan menjalani laga latih tanding dengan "Latin America Selection" di Stadion Krida Rembang untuk mengasah kemampuan setiap pemain menjelang Liga Profesional Level 2 musim 2011/2012.

Direktur Marketing PT Bina Putra Alam Persada, Wahyu Adi Hermawan, di Rembang, Jumat, mengatakan latih tanding PSIR dengan tim yang bermaterikan para pemain berasal dari Amerika Latin dan pernah atau masih merumput di Indonesia itu akan digelar pada Minggu (16/10) petang.

"Pelatih meminta jajaran pengelola untuk memperbanyak pertandingan untuk uji coba kemampuan tim. Ini memang harus dilakukan ketika PSSI belum memberikan kepastian jadwal diputarnya kompetisi Liga Profesional Level 2," kata dia.

Ia juga mengatakan selain untuk mengasah kemampuan setiap pemain dan kekompakan tim sebelum mengarungi kompetisi, laga latih tanding itu sekaligus sebagai sarana atau sumber pendanaan bagi klub.

"Kami akan memberlakukan tiket masuk bagi penonton dalam pertandingan itu. Setiap penonton akan dikenakan kutipan karcis Rp10.000 untuk tribun biasa dan Rp15.000 untuk tribun utama. Hasil penjualan tiket akan menjadi sumber dana bagi klub," katanya.

Ia menyebutkan klub memang harus mengupayakan sumber-sumber pendanaan secara kreatif pascalarangan penggunaan APBD untuk pembiayaan sepak bola profesional.

"Para pemain `Latin America Selection`" dijadwalkan tiba di Rembang pada Sabtu (15/10). Mereka akan membawa sekitar 12 pemain," katanya.

Pelatih PSIR, Jorge Enrique Amaya, mengatakan laga latih tanding memang diperlukan untuk mematangkan strategi permainan tim yang baru ditanganinya itu.

"Kami masih memiliki pekerjaan cukup berat untuk lebih mematangkan kemampuan para pemain yang menempati lini tengah dan depan tim ini," kata dia.

Ia mengemukakan, dari tiga kali laga latih tanding, ketajaman lini depan PSIR masih belum menjanjikan.

"Mereka masih beberapa kali salah dalam melakukan komunikasi di lapangan. Ini yang harus kami benahi," kata dia.

Ia juga mengatakan akan mengujicobakan duet pemain muda PSIR, masing-masing Yoni Ustaf Buchori dan Edi Santosa, untuk mengisi lapangan tengah.

"Kami berharap, para pemain akan mendapatkan banyak pelajaran dari setiap laga latih tanding, terutama saat melawan `Latin America Selection` yang memang dihuni oleh para pemain asing berpengalaman," kata dia.
(ANT-168/M028)