Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Timnas Rahmad Darmawan mengakui Andik Vermansyah sebagai pemain berbakat atau bertalenta tinggi sehingga pantas jika ada klub mancanegara yang meliriknya untuk direkrut.

"Andik pemain berbakat. Meskipun tubuhnya relatif kecil, dia memiliki tumpuan dua kaki yang kokoh dan pergerakannya sering sulit dibaca lawan," ujar Rahmad Darmawan di Jakarta, Kamis.

Nama Andik Vermansyah mencuat ketika Timnas U-23 asuhan Rahmad Darmawan berlaga di SEA Games XXVI, kemudian saat bertanding persahabatan melawan klub Amerika, LA Galaxy baru-baru ini.

Usai laga melawan Galaxy, Andik pula yang mendapat kesempatan emas bertukar kostum dengan mega bintang Inggris David Beckham dan Andik menjadi perbincangan hangat di benua Amerika dan Eropa.

Pelatih LA Galaxy, Bruce Arena pun sempat melontarkan keinginannya untuk memboyong gelandang serang Persebaya Surabaya ini.

Beberapa hari kemudian, nama Andik kembali muncul dan dikait-kaitkan dengan salah satu klub elit Portugal, Benfica dan diminati oleh klub Liga Italia Seri A, Novara, yang mengaku tertarik dan serius untuk mendatangkan Andik pada bursa transfer pada Januari 2012.

Terakhir, klub yang dikabarkan berminat merekrut Andik adalah Reggina yang bermain di Seri B Liga Italia.

Menanggapi hal ini, Rahmad menilai Andik lebih cocok bermain di klub Amerika Latin sesuai dengan karakter permainan yang dimilikinya.

"Kalau melihat karakter penampilannya, dia cocok bermain di Amerika Latin. Kalau untuk karir, tentu lebih bagus ke Eropa. Tapi kalau di Eropa jelas atmosfirnya sangat jauh berbeda," ujar Rahmad Darmawan di sela-sela keterangan pengunduran dirinya sebagai pelatih Timnas U-23.